DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MASYARAKAT DESA SEKITAR HUTAN TERHADAP TAHURA SULTAN ADAM DAN KHDTK DIKLAT ULM (studi kasus pada desa Mandiangin Barat, Desa Mandiangin Timur dan Desa Kiram)
PENGARANG:PATAR PERDINAND ARIOKTO HUTABALIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-11


Taman Hutan Raya (Tahura) adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli atau bukan jenis asli yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budidaya tumbuhan dan atau satwa, budaya, pariwisata dan rekreasi.

 Salah satu bagian dari Tahura Sultan Adam yaitu Hutan Pendidikan Unlam, Mandiangin yang ditunjuk melalui SK Gubernur Nomor DA.144/PH/1980 Tanggal 31 Desember 1980 dengan luas lebih kurang 2.000 Ha berlokasi di Mandiangin. Dalam hal pengelolaan kawasan Tahura Sultan Adam dikelola sejak tahun 1990 oleh suatu Badan Pengelola yang ditetapkan dengan Surat Gubernur Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan Nomor :0155 Tahun 1990 Tanggal 2 Mei 1990. Dalam perkembangan pengelolaannya (era otonomi) pada tahun 2003 badan Pengelola Sebelumnya ditinjau kembali dan selanjutnya dibentuk kembali dengan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor : 0283 tahun 2003 tanggal 15 September 2003 tentang pembentukan badan Pengelola Tahura Sultan Adam Propinsi Kalimantan Selatan (Aryadi dan Hamdani, 2011).

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) adalah kawasan hutan yang ditetapkan untuk keperluan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan serta kepentingan religi dan budaya setempat, sesuai dengan amanat UU No. 41 tahun 1999 dengan tanpa mengubah fungsi kawasan dimaksud. Persepsi masyarakat merupakan hal penting dalam Keberadaan Tahura Sultan Adam dan Kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK) agar pengelolaan Hutan Pendidikan Mandiangin sebagai Hutan Wisata Alam lebih baik dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Berdasarkan hal tersebut dalam pengembangan Hutan Pendidikan Unlam Mandiangin perlu dilakukan studi tentang persepsi masyarakat sekitar.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI