DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura
PENGARANG:MIFTAKHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-13


ABSTRAK

Perbandingan Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura

Miftakhul J

Latar belakang : Pada instalasi rawat jalan terdapat pasien online dan pasien offline waktu tunggu yang lama salah satu komponen yang menyebabkan ketidakpuasan pasien. Namun belum dilakukan evaluasi terkait perbandingan waktu tunggu dan kepuasan pasien online dan offline di IRJA RSUD Ratu Zalecha Martapura

Tujuan : Mengetahui perbandingan waktu tunggu dan kepuasan pasien rawat jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura

Metode : Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksprimental dengan desain post test only control group. Jumlah sampel 70 dengan instrumen kuesioner kepuasan dan lembar observasi waktu tunggu, uji analisis yang digunakan uji T dan uji mann whitney tempat penelitian di instalasi rawat jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Hasil : Kepuasan rata-rata pasien online sebesar 107,31 dan kepuasan rata-rata pada pasien offline didapatkan rata-rata sebesar 105,89. Ada perbedaan pada kepuasan pasien online dan pasien offline di rawat jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura (p=0,001).Hasil rata-rata waktu tunggu pasien online sebesar 50,3 menit dan pasien offline sebesar 165,46 menit. Ada perbedaan waktu tunggu pada pasien online dan pasien offline di rawat jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura (p-value 0,003).

Diskusi : Terdapat perbandingan kepuasan pasien di rawat jalan sebesar 16,08 . Kepuasan dan waktu tunggu pasien online sudah mencapai SPM kepuasan (90%) dan waktu tunggu <60 menit sedangkan kepuasan offline belum mencapi SPM.

Kata Kunci : Waktu tunggu, kepuasan, pasien rawat jalan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI