DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGHAPUSAN ASET TETAP KONDISI RUSAK BERAT PADA DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BARITO SELATAN TAHUN 2018
PENGARANG:BILISNO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-15


Bilisno (2020). Penghapusan Aset Tetap Kondisi Rusak Berat Pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan Tahun 2018.

Pembimbing :AkhmadSayudi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana proses Penghapusan Aset Tetap Kondisi Rusak Berat Pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan Tahun 2018. Apakah telah sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor  05 Tahun 2018 tentang pengelolaaan barang milik daerah Kabupaten  Barito Selatan.

Penelitian dilakukan pada Dinas  Ketahanan  Pangan,  Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito  Selatan, dan yang diteliti adalah proses penghapusan aset tetap dengan kondisi rusak berat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini mencakup Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan, khususnya tentang asset tetap kondisi rusak berat pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Barito Selatan tahun 2018.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aset lainnya berupa asset tetap kondisi rusak berat sebesar Rp.129.804.800,00 segera untuk dihapus karena sudah tidak memiliki nilai ekonomis dan tidak dapat di pergunakan lagi untuk operasional pemerintah daerah. Proses penghapusannya dilakukan harussesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pengelolaan barang milik daerah dan Peraturan daerah Nomor 05 Tahun 2018 tentang pengelolaaan barang milik daerah Kabupaten Barito Selatan.

Kata Kunci:  Aset tetap, rusakberat, pemusnahan , penghapusan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI