DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DEGRADASI FOTOKATALITIK FENOL MERAH MENGGUNAKAN KATALIS KOMPOSIT TITANIUM DIOKSIDA (TiO2)-KITOSAN DENGAN BANTUAN ENERGI SINAR MATAHARI
PENGARANG:M. RIDWAN BAIDHOWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-16


ABSTRAK

 

DEGRADASI FOTOKATALITIK FENOL MERAH MENGGUNAKAN KATALIS KOMPOSIT TITANIUM DIOKSIDA (TiO2)-KITOSAN DENGAN BANTUAN ENERGI SINAR MATAHARI (Oleh: M. Ridwan Baidhowi; Pembimbing: Drs.Taufiqur Rohman.M.Si dan Utami Irawati Ph,D.; 2020; 32 halaman)

 

Fenol merahadalah pewarna tekstil yang sangat larut dalam air yang termasuk dalam kelas pewarna triphenylmethane. Dalam penelitian ini, dilakukan pengolahan atas fenol merah menggunakan komposit kitosan. Tujuan dari penelitian ini adalahmendapatkan data rasio TiO2:Kitosan yang menghasilkan komposit dengan kemampuan paling baik dalam proses fotodegradasi fenol merah, mendapatkan dosis optimum TiO2-Kitosan yang efektif dalam proses fotodegradasi fenol merah, dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh atas waktu penyinaran terhadap fotodegradasi fenol merah. Larutan fenol merah dengan konsentrasi25ppm sebanyak 100 mL ditambah dengan beads kitosan dan komposit TiO2-kitosan sebanyak 0,5:100, 1:100, 2:100, dan 5:100 gram/mL. Larutan disinari dengan sinar matahari selama 6 jam, dimana konsentrasi fenol merah dalam larutan dianalisis setiap 20 menit. Degradasi fenol merah tertinggi 72,84 % dicapai pada komposit TiO2-Kitosan 5:10, dimana dosis yang ditambahkan adalah 5 gram komposit dalam 100 mL larutan dengan penyinaran selama 6 jam.

Kata kunci:Fenol merah, fotokimia, komposit TiO2-kitosan, sinar matahari

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI