DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Mutu Sumberdaya Manusia PMA dan PMDN Dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia
PENGARANG:HESTY NOPIANA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-17


 

Hesty Nopiana Dewi (2020).  Peran Mutu Sumberdaya Manusia Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri Dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia.  Pembimbing: Syahrituah Siregar,SE, MA.

 

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis (1) Apakah mutu sumberdaya manusia, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia ; (2) Variabel apakah yang dominan berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

 

Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda dalam menentukan pengaruh variabel mutu sumberdaya manusia, penanaman modal asing, penanaman modal dalam negeri. Dengan menggunakan data sekunder dalam kurun waktu 12 tahun (2006-2017).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari analisis regresi yang sudah dibuat menunjukan seluruh variabel terikat seperti mutu sumberdaya manusia, PMA dan PMDN berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Penanaman modal asing pun menjadi variabel yang paling dominan serta berpengaruh signifikan terhadap variabel bebas yaitu total pekerja terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia, hal ini terjadi karena Indonesia sendiri masih sangat bergantung terhadap investasi asing yang masuk ke Indonesia guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.

 

Kata Kunci : Total Pekerja, Mutu sumberdaya manusia, Penanaman modal asing, Penanaman modal dalam negeri.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI