DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REVIEW KEMAJUAN TAMBANG BULAN NOVEMBER 2019 DAN PERENCANAAN TAMBANG BULAN DESEMBER 2019 DI PIT NORTH TUTUPAN PT ADARO INDONESIA KECAMATAN PARINGIN, KABUPATEN BALANGAN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ABDUL HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-17


Abstrak

 

Perencanaan bulanan termasuk short-term planning atauperencanaan jangkapendek, untuk mengevaluasi kemajuan tambang bulan sebelumnya dan merencanakan tahapan penambangan  bulan berikutnya.  Tujuan penelitian yang dilakukan di Pit North Tutupan PT Adaro Indonesia ini untuk me-review kemajuan tambang pada bulan November 2019; merencanakan penambangan bulan Desember 2019 yang mencakup menetapkan batas penambangan; menentukan perancangan penambangan meliputi kemajuan pit, disposal, serta jalan angkut tambang; merancang tahapan penambangan dan penjadwalan produksi; menentukan jumlah alat gali muat, angkut dan support.

Pada penelitian ini PT Adaro Indonesia menggunakan software minescape 5.7 untuk desain tambang dan perhitungan volume overburden dan coal. Penentuan batas penambangan (pit limit) ditentukan dari target bulanan dan perancangan tambang tidak melebihi dari rancangan tahunan. Dalam penentuan jumlah alat yang digunakan dapat dilihat dari produktivitas alat mekanis yang tersedia agar dapat mencapai target bulanan yang ditentukan oleh perusahaan.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, pada bulan November 2019 overburden dan coal aktual lebih 10% dari target. Topografi Pit North Tutupan pada akhir bulan November 2019 elevasinya kurang dari request level (undercut), kecuali di area High Wall melebihi desain (undercut). Aktual horizontal distance dan vertical distance pada coal getting sesuai dengan plan. Sedangkan pada pemindahan overburden horizontal distance 11% lebih dari plan dan vertical distance 7% kurang dari plan. Pada bulan Desember 2019 memiliki SR 3, luasan area bottom pit 21.48 Ha dengan RL -64 dan -48,  luasan area Low Wall 16.72 Ha dengan RL -16. Penjadwalan produksi pada bulan Desember 2019 untuk pemindahan overburden sebesar 1,200,000 bcm dan untuk coal getting 400,000 ton. direncanakan menggunakan 4 alat gali muat dan 96 alat angkut untuk pemindahan overburden dan 1 alat gali muat dan 17 alat angkut untuk coal getting, 3 dozzer pada area pit dan 2 dozzer pada area disposal.

 

 

 

Kata-kata kunci: kemajuan tambang, mine design, mine planning, short-term planning, Pit North Tutupan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI