DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI KEMAJUAN PELEDKAN PADA AREA PRODUKSI TAMBANG EMAS BAWAH TANAH PT CIBALIUNG SUMBERDAYA, PANDEGLANG, BANTEN
PENGARANG:Dwi Ratnaningsih
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-17


OPTIMALISASI KEMAJUAN PELEDAKAN PADA AREA PRODUKSI TAMBANG EMAS BAWAH TANAH PT CIBALIUNG SUMBERDAYA PANDEGLANG, BANTEN

PT Cibaliung Sumberdaya merupakan tambang emas bawah tanah yang menerapkan metode cut and fill. Teknik penambangannya yaitu dengan cara peledakan. Kemajuan peledakan pada area produksi perlu diteliti, hal ini mengingat pentingnya ketercapaian target kemajuan peledakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peledakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peledakan merupakan pokok permasalahan yang dapat membantu engineer drill and blast dalam menentukan hal yang berpengaruh terhadap kemajuan peledakan pada kelas batuan III dan IV.

Tinjauan lokasi penelitian dilakukan pada area produksi CKN XC 13 PT Cibaliung Sumberdaya. Data kondisi aktual yang didapat yaitu geometri pemboran dan peledakan, look out, cycle time, kedalaman lubang ledak, jumlah lubang ledak. Serta data sekunder yang didapatkan berupa survey kemajuan peledakan, kebutuhan bahan peledak, dan karakteristik batuan. Analisis kemajuan peledakan menggunakan regresi berganda serta pembuatan rancangan geometri pemboran dan peledakan berdasarkan kelas batuan menggunakan pehitungan teori menurut Jimeno, 1995.

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis metode regresi didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan peledakan yaitu geometri pemboran sesuai dengan kelas batuan,jumlah lubang kosong 4, look out 3,69o, bahan peledak 70 kg, kedalaman pemboran 2,52 m, dan powder factor 0,45 kg/ton dan parameter yang berpengaruh yaitu bahan peledak, kedalaman pemboran, jumlah lubang, powder factor serta volume.

Kata-kata kunci: Peledakan, Kemajuan Peledakan, Kelas Batuan, Geometri Pemboran dan Peledakan,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI