DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENAMBAHAN PERSENTASE LENGKUAS YANG BERBEDA TERHADAP UJI ORGANOLEPTIK ABON IKAN ASIN KERING GULAMAH (Johnius trachycephalus)
PENGARANG:MUH HUSAIRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-18


Ikan asin kering gulamah merupakan produk hasil olahan perikanan banyak terdapat hampir semua daerah indonesia. Ikan asin gulamah dikenal juga dengan ikan asin kepala batu untuk daerah kalimantan. Ikan asin gulamah relatif murah, harga jual ikan asin gulamah di pasar kalimantan berkisar 30.000 sampai 40.000 rupiah/kg. Untuk meningkatkan nilai ekonomis dan minat masyarakat terhadap  ikan asin kering gulamah dapat dilakukan diversifikasi produk, diantaranya yaitu abon ikan asin.

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan presentase lengkuas terbaik yang digunakan pada pembutan abon ikan asin kering gulamah. Penelitian dilakasanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Selama 4 bulan yang meliputi Penyusunan Proposal, Penelitian Pendahuluan, Ujian Komprehensif, Pelaksanaan penelitian, Pengolahan Data Penelitian, Penyusunan Laporan, Seminar, Revisi dan Distribusi.

Hasil dari uji organoleptik abon ikan asin kering gulamah menujukan bahwa panelis lebih menyukai perlakuan dengan penambahan 10% lengkuas dengan nilai hasil stastistik uji organoleptik spesifikasi kenampakan 7.35, aroma 7.1, rasa 6.55 dan tekstur 6.99. Penambahan lengkuas pada pembuatan abon ikan asin kering gulamah memberikan ciri khas aroma yang sedap. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI