DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2014-2018
PENGARANG:ALAMSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-18


Alamsyah (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2014 – 2018. Pembimbing: Drs. Muhammad Effendi, MS

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja di 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan; (2) Mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini adalah 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan, dan objek penelitian ini yaitu data tingkat pendidikan dan upah minimum di Kalimantan Selatan selama tahun 2014 – 2018. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis regresi data panel dengan fixed effect model menggunakan bantuan program EVIEWS 10.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan dan upah minimum secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2014 – 2018; (2) Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat pendidikan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Kalimantan Selatan tahun 2014 – 2018.

Kata Kunci: Tingkat Pendidkan, Upah Minimum, Penyerapan Tenaga Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI