DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KEMAMPUAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2015-2018
PENGARANG:SRI WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-18


 

Sri Wardani (2020). Analisis Kinerja Keuangan Dan Kemampuan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala Tahun 2015-2018. Pembimbing : Drs. H. Muhammad Saleh, MP

 

Penelitian ini bertujuan untuk menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Kuala dengan menggunakan Analisis Rasio Keuangan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Barito Kuala Tahun Anggaran 2015-2018.

 

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang diolah adalah Ringkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Barito Kuala Tahun Anggaran 2015-2018 yang didapatkan dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Barito Kuala. Analisis yang digunakan menggunakan Analisis Kinerja Keuangan dan Analisis Kemampuan Keuangan. Alat ukur yang digunakan guna menganalisis Kinerja Keuangan adalah dengan menghitung Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas dan Efisiensi, Rasio Aktivitas dan Rasio Pertumbuhan. Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk menganalisis Kemampuan Keuangan Daerah adalah dengan menghitung Rasio Derajat Otonomi Fiskal dan Indeks Kemampuan Rutin.

 

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Barito Kuala dapat disimpulkan bahwa, pola hubungan tingkat Kemandirian Daerah bersifat intruktif. Namun tingkat Rasio Efektivitas dan Efisiensi daerah menunjukkan tingkat yang sangat efektif dan efisien. Tingkat Rasio Aktivitas tidak seimbang, Belanja Tidak Langsung cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Belanja Langsung. Berdasarkan Rata-rata Rasio Pertumbuhan menunjukkan bahwa pertumbuhan bersifat fluktuatif dari tahun ke tahun. Pertumbuhan cenderung positif namun Belanja Langsung menunjukkan pertumbuhan yang negatif. Sedangkan berdasarkan hasil dan analisis Kemampuan Keuangan Daerah dapat disimpulkan bahwa, kondisi kemampuan keuangan kabupaten Barito Kuala belum ideal. Dilihat dari hasil perhitungan Rasio Derajat Otonomi Fiskal dan Indeks Kemampuan Rutin berada pada skala kurang. 

Kata kunci: Analisis Rasio Keuangan APBD, Kinerja Keuangan Daerah, Kemampuan Keuangan Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI