DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI MULTI SITUS DI TK SABILAL MUHTADIN DAN TK KRISTEN KANAAN KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:ANA WAHDINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-20


ABSTRAK

 

Wahdini, Ana 2020. Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

            Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Di TK Sabilal Muhtadin dan TK Kristen Kanaan Kota Banjarmasin). Tesis, Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd (II) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D

Kata kunci: Keterlibatan orang tua, Lembaga PAUD, Mutu PAUD

Meningkatan mutu pendidikan khususnya pada PAUD tidaklah mudah. Sekolah dapat dikatakan bermutu jika melibatkan komponen-komponen lembaga seperti sekolah itu sendiri, kepala sekolah, pendidik, anak didik, dan orang tua terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keterlibatan orang tua dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas diri baik pihak lembaga atau orang tua.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian multi situs dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengingat penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs, maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, kemudian dilakukan analisis data lintas situs.

Penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan yang disusun dengan gagasan pemikiran, pendanaan atau finansial, tenaga atau fisik. Adapun bentuk keterlibatan orang tua dengan pembentukan komite sekolah, menyusun program yang akan dilaksakanan, menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan, kegiatan penganalan terhadap lingkungan sekolah dan menyusun jadwal kegiatan; (2) Pelaksanaan keterlibatan orang tua di Satuan PAUD dimulai dari kebutuhan orang tua terdiri dari support (dukungan), education (pendidikan), liaison (kepenghubungan), dan communication (berkomunikasi), (3) Evaluasi dilihat dari dua sisi pertama perkembangan akademik maupun non akademik anak disekolah. kedua, adanya perubahan perilaku atau budaya anak dirumah dan perubahan perilaku keluarga.

Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini: (1) bagi pihak sekolah lebih meningkatkan kegiatan yang dapat meningkatkan mutu PAUD, (2) bagi orang tua untuk selalu mendukung dan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan sekolah, (3) bagi peneliti lain hendaknya dalam meneliti keterlibatan orang tua dalam meningkatkan mutu PAUD lebih difokuskan pada manfaat bagi komponen-komponen sekolah baik itu pendidik, orang tua, anak didik, sehingga terjadi keseimbangan manfaat yang didapat ketika terlibat dalam proses penyelenggaraan kegiatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI