DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE BERCAKAP-CAKAP, DEMONSTRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK DAN MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK AISYIYAH KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:RAYDESI ERVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-20


ABSTRAK

 

Erviana, Raydesi 2020. Upaya Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif dalam Mencocokkan Lambang Bilangan dan Lambang Bilangan Menggunakan kombinasi Metode Bercakap-cakap, Demonstrasi dengan Model Pembelajaran Picture and Picture, Talking Stick dan Media Kartu Angka Pada Kelompok A Di TK. Aisyiyah Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad (II) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd

Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mencocokkan bilangan dan lambang bilangan, Bercakap-cakap, Demonstrasi, Picture and picture, Talking stick, Kartu angka

            Perkembangan kognitif adalah semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas guru dan aktifitas anak serta mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dan lambang bilangan menggunakan kombinasi metode bercakap-cakap, demonstrasi dengan model picture and picture, talking stick dan media kartu angka di TK Aisyiyah kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A di TK Aisyiyah yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan anak. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase secara klasikal menunjukkan ≥76 atau minimal mendapatkan ««« pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH)

 

Hasil penelitian terdapat peningkatan perkembangan pada kemampuan kognitif setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu angka. Hasil observasi pada Pra Tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkategori berkembang sangat baik atau yang mendapatkan persentase 76-100. Setelah adanya tindakan Siklus II kemampuan kognitif anak mendapatkan «««« dengan kategori berkembang sangat baik meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa menggunakan kombinasi metode bercakap-cakap, demonstrasi, dengan model picture and picture, talking stick dan media kartu angka dapat mengembangkan kemampuan koginitif dalam mencocokkan bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI