DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI (Studi Multi Situs di PAUD Terpadu Tunas Bangsa dan PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal Golf Landasan Ulin)
PENGARANG:LAILA MAHMUDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-22


 

Karakter disiplin merupakan karakter utama yang menjadi pembungkus setiap karakter lainnya. Dengan disiplin, orang yang teratur dan bisa mengikuti tata tertib dan aturan, memiliki potensi besar untuk menjadi orang sukses di masa depan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi multi situs, meliputi: (1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter disiplin (2) Strategi implementasi pendidikan karakter disiplin, dan  (3) Evaluasi implementasi pendidikan karakter disiplin di PAUD Terpadu Tunas Bangsa dan PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal Golf Landasan Ulin. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara analisis situs tunggal dan analisis lintas situs.  Melalui pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, transferability, dependability, dan comfirmability meliputi teknik triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan kecukupan referensial.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan melibatkan Yayasan, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, melalui perumusan kebijakan, menetapkan peraturan, melalui rapat dan melibatkan orangtua yang disosialisasikan pada awal tahun ajaran. beracuan pada Kurikulum 2013 & 9 pilar karakter dan K4 dari IHF, melakukan pelatihan dan diintegrasikan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Strategi pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi peraturan secara terintegrasi pada setiap pembelajaran. Melalui pembiasaan, keteladanan, sikap melindungi, menyayangi, perhatian, hukuman, penghargaan (konsekuensi), motivasi, dan konsisten. Kendala dalam implementasinya meliputi kendala dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, (3) Evaluasi kebijakan peraturan sekolah dilakukan oleh Yayasan, kepala sekolah, guru dan tenaga pendidik dengan mengidentifikasi masalah, musyawarah, mengumpulkan informasi, menentukan kriteria solusi, tindak lanjut, sesuai visi, misi dan tujuan sekolah. Evaluasi aspek pembelajaran dilakukan denganobservasi, ceklist, catatan harian, dan anekdot.

 

Saran bagi kepala PAUD, guru dan lembaga PAUD, agar dapat memberikan motivasi dan keteladanan untuk mengoptimalkan peraturan yang berlaku di sekolah dengan menyesuaikan kebutuhan perkembangan anak, sehingga nantinya dapat mencetak anak bangsa yang berakhlak mulia sesuai dengan syari’at agama, moral kehidupan berbangsa dan Negara. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian yang lebih lanjut dan mendalam yang lebih efektif untuk diterapkan pada anak usia dini agar menemukan cara terbaik dari model, strategi dan penerapan yang lebih maksimal pada pendidikan karakter disiplin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI