DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRARANCANGAN PABRIK MONOBASIK KALIUM PHOSPHATE DARI ASAM FOSFAT DAN KALIUM HIDROKSIDA KAPASITAS 4.500 TON/TAHUN
PENGARANG:MUHAMMAD HASAN ALBANNA
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-01-31


Prarancangan Pabrik Monobasik Kalium Phosphate (MKP) dari Asam Fosfat dan Kalium Hidroksida dengan kapasitas 4.500 ton/tahun direncanakan untuk didirikan di Gresik, Jawa Timur dengan luas tanah 53.000 m2. Pabrik beroperasi selama 330 hari/tahun dengan jumlah karyawan 125 orang.
Proses reaksi pembentukan MKP dalam pabrik ini berlangsung dalam Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) dengan konversi 99% pada kondisi operasi temperatur 80°C dan tekanan 1 atm selama 1 jam. Proses pemurnian produk menggunakan alat evaporator dan Spray Dryer. Utilitas terdiri dari kebutuhan air, steam, listrik, bahan bakar, dan pengolahan limbah. Dimana kebutuhan air diperoleh dari Sungai Kalimas yang terdapat di wilayah sekitar pabrik, sedangkan listrik bersumber dari PLN daerah setempat dengan satu buah cadangan generator berkapasitas 6000 kW dan membutuhkan bahan bakar solar sebanyak 600,922 liter/jam.
Hasil analisis ekonomi menunjukkan bahwa bahwa Percent Return On Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 31% dan ROI sesudah pajak sebesar 20%. Pay Out Time (POT) sebelum pajak adalah 2,46 tahun dan POT sesudah pajak adalah 3,34 tahun. Nilai Break Even Point (BEP) sebesar 44,87% kapasitas dan Shut Down Point (SDP) sebesar 24,98% kapasitas. Berdasarkan data–data analisa di atas dapat disimpulkan, bahwa Pabrik Monobasik Kalium Phosphate dari Asam Fosfat dan Kalium Hidroksida dengan kapasitas 4.500 ton/tahun ini layak dikaji ulang untuk didirikan.
Kata kunci : Monobasik Kalium Phosphate (MKP), asam fosfat, kalium hidroksida, RATB,Spray dryer.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI