DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISASI BAHAN BAKU MATERIAL KONSTRUKSI DI KECAMATAN TAMBANG ULANG, KABUPATEN TANAH LAUT, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD ABRAR KHADIFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-22


Kalimantan Selatan adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya mineral yang beragam dalam jumlah berlimpah. Selain batubara, mineral logam dan non logam, Provinsi ini juga memiliki potensi bahan galian bahan baku material konstruksi. Salah satu daerah yang memiliki potensi bahan baku material konstruksi adalah Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Sejalan dengan pesatnya pembangunan infrastruktur di Provinsi ini, perlu dilakukan studi karakteristik dari bahan baku material konstruksi tersebut, agar potensi yang ada dapat dimanfaatkan sesuai dengan karakter yang dimilikinya.

Metode yang dalam penelitian adalah survei lapangan, pengambilan sampel dan pengujian laboratorium. Di samping iu, juga dilakukan studi terhadap penelitian terdahulu. Pengambilan sampel dilakukan di dua lokasi IUP yang terdapat di daerah target penelitian. Adapun analisis laboratorium terhadap sampel batuan dilakukan di Laboratorium Teknologi Pertambangan dan Laboratorium Jalan Raya & Transportasi untuk mengetahui sifat fisik dan mekanik masing-masing sampel. Karakteristik dari sampel batuan yang didapatkan dari pengujian di laboratorium mengacu kepada SNI 1969-2008, SNI 2417-2008 SNI 03-1968-1990, SNI 1743-2008, dan SNI 1744-2012. Selanjutnya hasil pengujian tesebut dibandingkan dengan persyaratan Spesifikasi Umum Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Tahun 2018 dan SNI 03-0394-1989.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik sampel yang diuji tidak layak digunakan sebagai lapis jalan dan jembatan. Adapun mengacu pada prasyarat mutu batu alam untuk bahan bangunan, sampel di daerah penelitian memenuhi kualifikasi standar sebagai batu alam yang cocok digunakan untuk pondasi bangunan ringan, dan dapat juga digunakan penutup lantai atau trotoir; tonggak atau tepi jalan; serta untuk batu hias atau tempel.

Kata Kunci : batu alam, bahan baku material konstruksi, sampel batuan, lapis pondasi 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI