DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN PEDAGANG PENGECER IKAN AIR TAWAR SEGAR DI PASAR IKAN BANUA LIMA KOTA AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SYOHEL PARANTEAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-22


ABSTRAK

SYOHEL PARANTEAN (G1E115029) Laporan Penelitian Skripsi yang berjudul “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Ikan Air Tawar Segar di Pasar Ikan Banua Lima Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sngai Utara Provinsi Kalimantan Selatan” dibawah bimbingan bapak Dr. Erma Agusliani, S.Pi., M.Pselaku ketua pembimbing dan ibu TRI DEKAYANTI, S.Pi.,M.P selaku anggota pembimbing skripsi.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keuntungan pedagang pengecer ikan air tawar segar di Pasar Ikan Banua Lima serta(2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan pengecer ikan air tawar segar di Pasar Ikan Banua Lima. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis keuntungan dan analisis regresi linier berganda.Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Ikan Banua Lima Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Penetapan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (Purposive), dengan pertimbangan bahwa Pasar Ikan Banua Lima merupakan pusat pasar ikan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Waktu yang diperlukan dalam penelitian ini ± 8 bulan terhitung dari Oktober-Desember 2019 yang dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan, pengambilan data atau pelaksanaan penelitian, dan januari-mei 2020 proses penyusunan atau pengolahan data serta penulisan laporan hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 pedagang pengecer yang berjualan ikan air tawar segar di Pasar Ikan Banua Lima, dengan pertimbangan bahwa pedagang pengecer merupkan pedagang yang berhadapan langsung dengan konsumen akhir. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Snowball Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dan dengan dua jenis metode analisis data, yaitu analisis keuntungan dan Regresi linier berganda.Hasil Penelitian menunjukkan keuntungan pedagang pengecer sebesar Rp.550.000/bulan, denganfaktor-faktor yang mempengaruhi Y (keuntungan) adalah variabel X1 (variasi jeis ikan), X2 (biaya pemasaran), X3 (biaya Pembelian) dan D (kualitas Ikan) secara nyata pada taraf kepercayaan 95%.

 

Kata Kunci : Pedagang Pengecer, Ikan Air Tawar Segar, Keuntungan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI