DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRAKTIK SHARING ECONOMY PADA KOMUNITAS PEDAGANG DI PASAR MALAM DESA UJUNG BARU TANAH LAUT SEBAGAI SUMBER PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI
PENGARANG:LUKMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-23


Lukmini, 2020. Praktik Sharing Economy pda Komunitas Pedagang di Pasar Malam Desa Ujung Baru Tanah Laut sebagai Sumber Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi (di bawah bimbingan Mahmudah Hasanah, M. Pd sebagai pembimbing I)

 

Tanah Laut merupakan kabupaten yang di dalamnya terdapat beberapa kecamatan salah satunya adalah Kecamatan Bati-bati, yang terdiri dari beberapa desa yaitu salah satunya adalah Desa Ujung Baru. Desa Ujung Baru terdapat pasar tradisional yaitu pasar malam yang berada di RT 6. Pasar Malam yang ada di Desa Ujung Baru terdapat adanya praktik sharing economy lahan antara pedagang, perantara dan pemilik lahan yang dapat dijadikan sebagai sumber perencanaan pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMA. Praktik sharing economy adalah aktivitas memperoleh, memberikan atau membagikan akses terhadap barang dan jasa antar individu dengan individu lainnya yang di dapat baik secara gratis atau dengan mengeluarkan biaya.Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru melalui tatap muka untuk satu kali pertemuan ataupun lebih. Penelitian ini, bertujuan menganalisis praktik sharing economy lahan di pasar malam dan mengimplementasikan praktik sharing economy lahan di Pasar Malam Desa Ujung Baru Tanah Laut sebagai sumber perencanaan pelaksanaan pembelajaran untuk materi karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 pasal 33. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menggambarkan bahwa, dalam praktik sharing economy lahan ternyata ada bentukan baru, dari praktik sharing economy yang berlaku di Pasar Malam Desa Ujung Baru Tanah Laut, yang mencerminkan nilai-nilai khas Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila walaupun itu tidak terlalu dipahami dalam masyarakat, dan terdapat adanya asas kekeluargaan serta gotongroyong dalam memberikan dan mempereoleh lahan dan tidak adanya mencari keuntungan serta kepercayaan dan interaksi antara pedagang, pemilik lahan dan perantara dari adanya pengaruh asas kekeluargaan yang dapat dijadikan sebagai sumber perencanaan pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMA untuk materi karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 pasal 33.

 

Kata Kunci : Sharing Economy, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Karakteristik Perekonomian Indonesia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI