DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI DESAIN BULANAN TERHADAP KONDISI AKTUAL DIPT BERKAT TAMBANG SEJAHTERA PADA IUP PT BINUANG MITRA BERSAMA, DESA BUDI MULYA KECAMATAN LOKPAIKAT KABUPATEN TAPIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:BAHRUL AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-23


 

Perencanaan tambang adalah suatu tahapan penting dalam studi kelayakan dan Perencanaan tambang adalah suatu tahapan penting dalam studi kelayakan dan rencana operasi penambangan. PT Binuang Mitra Bersama (PT BMB) merupakan perusahaan tambang batubara yang berlokasi di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tujuan dari penelitian yang pertama ialah Membandingkan volume overburden dan batubara antara rencana dengan aktual pada bulan Juni 2019, Menganalis ketercapaian volume overcut dan undercut antara desain bulanan dengan kondisi aktual bulan Juni 2019, Membandingkan volume overcut dan undercut bulan Juli dengan bulan Juni.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada metode pengukuran aktual di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil pada waktu penelitian. Metode penelitian yang dilakukan dalam penyelesaian penelitian ini ialah Observasi lapangan, yaitu survey langsung ke lokasi penelitian guna mengetahui kondisi aktual lapangan. Pengambilan sampel data primer, yaitu pengambilan data jumlah fleet. seperti data curah hujan, peta kemajuan tambang dan mine plan design, Data aktual overburden dan coal ,Data plan overburden dan data plan coal. Setelah data terkumpul dilakukan pengolahan data dengan tahapan sebagai berikut, Melakukan overlay antara peta kemajuan tambang dengan mine plan design. Dari perhitungan pada bulan Juni didapatkan hasil volume overcut 10.175,06 BCM untuk tanah penutup dan 3.350,50 ton untuk batubara. Volume undercut 58.482.65 BCM untuk tanah dan 6.078.00 ton untuk batubara.sedangkan pada bulan Juli didapatkan volume overcut 11.508,73 BCM untuk tanah dan 4.320,52 ton untuk batubara. Volume undercut 79.281,60 BCM untuk tanah dan untuk batubara pada bulan Juli melebihi rencana yang telah ditentukan sebesar 4.320,52 ton.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI