DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK TANAH GAMBUT BERDASARKAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Apriyanda
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-23


 

INTISARI

 

Tujuan penelitian adalahmengetahui karakteristik tanah gambut berdasarkan penggunaanlahan di Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Data yang digunakan yaitu data primer dari survey lapangan untuk pengambilan sampel tanah dan  hasil laboratorium serta data sekunder yaitu berupa dokumen dan peta penunjang penelitian.

 

 

 

Analisis menggunakan uji lab tanah di abil sampel 8 titik untuk mengetahui Bulk Densit, pH tanah, Kandungan hara, P2O5, K2O, Fe larut serta analsisis pengukuran langsung dilapangan untuk mengetahui tekstur dan warna tanah.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil lab untuk Bulk Density jenis tanahnya organik termasuk dalam tanah saprik dan hemik, pH tanah dari 8 titik sampel berbeda-beda ada nilai pH yaitu 4 sangat masam, 5 masam, 6 agak masam di dominasi agak masam, Fe-Larut dari hasil laboratorium sanagat tinggi, P2O5 ada rendah , sedang , tinggi, K2O menghasilkan kategori tinggi. Kalium berperan dalam sistesis protein karbohidrat serta meningkatkan translokasi keseluruh bagian tanaman. Kematangan gambut dianalisis berdasarkan warna tanah memiliki kematangan tanah gambut hemik dan kematangan saprik.

 

Kata Kunci: Karakteristik Tanah Gambut, Penggunaan Lahan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI