DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Lama Hari Rawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang ICCU RSUD Ulin Banjarmasin
PENGARANG:NIFA VIRANDA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-24


 

ABSTRAK

 

HUBUNGAN LAMA HARI RAWAT DENGAN TINGKAT

 

KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG ICCU RSUD ULIN BANJARMASIN

 

Amelia NV

 

Latar belakang: Selama pasien dirawat di ruang ICCU keluarga pasien mengalami kesulitan dan ketidakberdayaan. Bagi keluarga pasien ruang rawat intensif merupakan tempat yang tidak menyenangkan, keluarga masuk kedalam kondisi yang tidak terduga dan ketepatan dalam mengambil keputusan guna keberlangsungan hidup anggota keluarganya.Lama perawatan pasien di ruang ICCU sangat beragam, lama rawat pasien jantung berdampak langsung kepada kualitas hidup pasien dan keluarga, resiko terjadinya di masa depan, juga kontribusi yang relevan terhadap besarnya pembiayaan dampak dari perawatan. Selama keluarga mendampingi perawatan pasien di ruang ICCU, keluarga akan mengalami berbagai reaksi emosional, seperti kecemasan.

 

Tujuan:Mengetahui hubungan lama hari rawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang ICCU RSUD Ulin Banjarmasin.

 

Metode:Korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 42 responden di ruang ICCU RSUD Banjarmasin, dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner HARS dan analisis dengan uji korelasi spearman.

 

Hasil:Lama hari rawat pasien rata-rata 3,14 hari, mayoritas tingkat kecemasan keluarga pasien ICCU mengalami kecemasan berat (33,3%). Terdapat hubungan antara lama hari rawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien (p value = 0,0003) di ruang ICCU RSUD Ulin Banjarmasin.

 

Diskusi:Kecemasan yang dirasakan keluarga pasien ICCU disebabkan semakin lama perawatan kondisi pasien semakin parah ataupun tidak terjadi peningkatan yang berarti sehingga keluarga pasien merasa cemas karena ketidakpastian kondisi pasien.

 

 

 

Kata kunci:Intensive Cardiac Care Unit (ICCU), kecemasan keluarga, lama hari rawat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI