DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI SENYAWA DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA FRAKSI n-HEKSAN DAN FRAKSI ETIL ASETAT BATANG GENDOLA (Basella rubra L.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS
PENGARANG:WANANDA ZAHIDAHTUN NISAA`
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-24


IDENTIFIKASI SENYAWA DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA FRAKSI n-HEKSAN DAN FRAKSI ETIL ASETAT BATANG GENDOLA (Basella rubra L.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS (Oleh Wananda Zahidahtun Nisaa’; Pembimbing: Arnida, Sutomo; 2020; 57 halaman)

Gendola (Basella rubra L.) merupakan salah satu tanaman yang diketahui berkhasiat sebagai obat. Banyaknya kandungan kimia padaB.rubra menyebabkan tanaman tersebut banyak digunakan dalam penyembuhan penyakit. Salah satu bagian B. rubra yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat ialah batang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kandungan senyawa kimia pada fraksi n-heksan dan etil asetat batang B. rubra serta menguji aktivitasnya sebagai antioksidan secara kualitatif menggunakan kromatografi lapis tipis dengan penyemprotan reagen DPPH. Identifikasi senyawa kimia dilakukan dengan metode uji tabung dan penentuan aktivitas antioksidan secara kualitatif ditentukan dengan metode kromatografi lapis tipis yang kemudian disemprot dengan reagen DPPH. Hasil yang diperoleh pada identifikasi senyawa kimia, diketahui bahwa fraksi n-heksan mengandung senyawa saponin, tanin, steroid, dan fenolik, sedangkan fraksi etil asetat diketahui mengandung senyawa flavonoid dan fenolik. Fraksi n-heksan dan fraksi etil asetat batang B. rubramemiliki aktivitas antioksidan, ditandai dengan adanya noda kuning pucat pada plat KLT setelah penyemprotan reagen DPPH.

Kata Kunci: Basella rubra L., gendola, fraksi, identifikasi senyawa, antioksidan

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI