DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Buku di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:FAURAZI AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-24


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Buku di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tempat penelitian di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.   Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Adapun teori yang dipakai ialah  teori Pelayanan yang Berkualitas oleh Kasmir pada tahun 2005 di bukunya yang berjudul ‘Etika Customer Service’, yaitu diantaranya ada 4 poin yaitu tersedianya pelayan yang baik, tersedianya fasilitas yang baik.mampu melayani secara cepat dan tepat, dan mampu memberikan kepercayaan kepada pengguna layanannya. 

Berdasarkan hasil wawancara dan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Kualitas pelayanan sirkulasi peminjaman  dan pengembalian buku di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan masih dapat dibilang kurang baik. Hal ini dapat terlihat masih kurangnya dari poin tersedianya pelayanan yang baik, dan kurangnya poin pelayanan yang cepat tepat. Sedangkan dari segi sarana prasarana dan dapat memberikan kepercayaan kepada pengguna layanan sudah baik, dan (2) Faktor pendukung  Kualitas pelayanan sirkulasi peminjaman  dan pengembalian buku di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berkaitan dengan sarana dan prasarana yang baik. Sedangkan, faktor penghambat  kualitas pelayanan sirkulasi peminjaman  dan pengembalian buku di Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan berkaitan dengan kurang siap dan kurang matangnya pegawai pelayanan. 

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan, Perpustakaan Km.6 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI