DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS VARIASI ALIRAN GAS PELINDUNG DAN BENTUK KAMPUH PADA PROSES LAS GMAW TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO BAJA ASTM A36
PENGARANG:FIUS LAMBANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-25


Fius Lambang, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat, Juni 2020. Analisis Variasi Aliran Gas Pelindung dan Bentuk Kampuh Pada Proses Las GMAW Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Baja ASTM A36.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi aliran gas pelindung dan bentuk kampuh terhadap kekerasan dan struktur mikro baja ASTM A36. Variasi aliran gas pelindung yang digunakan adalah 5 liter/menit, 10 liter/menit dan 15 liter/menit, sedangkan bentuk kampuh yang digunakan adalah kampuh I, ½ V dan V dengan elektroda ER 70S-6 diameter 1,2 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran gas pelindung yang semakin besar akan meningkatkan nilai kekerasan. Peningkatan nilai kekerasan weld metal dan HAZ tertinggi ada pada kampuh V dengan aliran gas 15 liter/menit sebanyak 38,06% weld metal, 11,15% HAZ, sedangkan nilai kekerasan terendah weld metal terdapat pada aliran gas 5 liter/menit pada kampuh ½ V yaitu 41,9 HRB dan nilai kekerasan HAZ terendah terdapat pada aliran gas 5 liter/menit pada kampuh I yaitu 40,8 HRB. Peningkatan nilai kekerasan base metal tertinggi ada pada kampuh ½ V sebanyak 39,46%  dengan aliran gas 15 liter/menit sedangkan kekerasan base metal terendah pada kampuh I yaitu 43,4 HRB dengan aliran gas 5 liter/menit. Hasil pengujian struktur menunjukkan semakin tinggi aliran gas pelindung akan meningkatkan pembentukkan pearlite lebih banyak. Persentase pembentukan pearlite paling banyak ada pada weld metal kampuh V yaitu 53,16% dan persentase pearlite paling sedikit daerah HAZ kampuh I yaitu 38,17%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI