DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PERANCANGAN KONSTRUKSI WAHANA BIANGLALA
PENGARANG:MUFLIHAH SOPHIA RAFIATUNNISSA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-25


PERANCANGAN KONSTRUKSI WAHANA BIANGLALA

 

 

 

Muflihah Sophia Rafi’atunnissa

 

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

 

Koresponden Penulis: muflihahsophiar@gmail.com

 

 

 

ABSTRAK

 

Bianglala atau yang biasa dikenal dengan kincir ria adalah struktur berbentuk roda yang digantungi kabin-kabin atau kapsul untuk memuat penumpang dan dipasang sedemikian rupa agar ketika roda berputar maka kabin akan tetap dalam keadaan tegak. Bianglala dibangun karena meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap rekreasi dan menjadikan bianglala sebagai salah satu wahana hiburan.

 

Perancangan wahana bianglala ini akan merujuk pada kode-kode desain. Perancangan desain struktur dengan komponen baja merujuk pada SNI 1729:2015 dan SNI 0068:2007, untuk pembebanan minimum mengacu pada SNI 1727:2013, dan untuk perencanaan beban gempa mengacu pada SNI 1726:2012.

 

Bianglala dirancang berdasarkan berbagai kondisi, yaitu beban hidup penuh, beban setengah bagian atas terisi, beban setengah bagian bawah terisi, beban seperempat bagian kiri terisi, dan beban seperempat bagian kanan terisi. Berdasarkan hasil perancangan didapatkan total 60 kabin dengan diameter bianglala 135 meter. Komponen struktur atas bianglala terdiri dari profil pipa baja karbon dan kabel prategang tipe full locked coil dengan diameter 70 mm. Pada bagian frame utama digunakan pipa baja karbon dengan diameter 508 mm, 267,4 mm, 216,3 mm dan 101,6 mm. Sedangkan pada bagian hub digunakan pipa baja karbon dengan diameter 3500 mm dan bagian A-frame diameter 4000 mm untuk menopang struktur bianglala.

 

 

Kata kunci: Bianglala, pipa baja karbon, kabel prategang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI