DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERENCANAAN PERBAIKAN OPRIT JEMBATAN MUARA TABIRAI RANTAU - KANDANGAN
PENGARANG:ADE NAFIS PRAWIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-26


Jembatan muara tabirai terletak di perbatasan antara Kabupaten Rantau dan Kandangan yang tepatnya berada di ruas jalan Kalumpang-Margasari, Desa Karangan Paci, Kecamatan Kalumpang. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat membuat perekonomian penduduk yang menetap terkena pengaruh perkembangan kota, sedikit demi sedikit beranjak meningkat pada sektor ekonomi diakibatkan oleh pertumbuhan ekonomi secara global. Peningkatan perekonomian ini dikarenakan oleh tumbuhnya industri di daerah tersebut. Hal ini diiringi oleh peningkatan dan keperluan penduduk pada daerah yang menetap dikawasan tersebut. Sayangnya setelah 1 tahun pembangunan jembatan Muara Tabirai, oprit jembatan pada arah Kandangan pada sisi kanan mengalami penurunan tanah sehingga membuat kerusakan pada aspal, dikarenakan kemungkinan terjadinya longsor pada sisi timbunan jalan, lalu pelaksana membuat alternatif perbaikan dengan menggunakan bronjong yang dimana membuat beban lebih berat daripada sebelumnya, sehingga tanah dasar yang menopang beban timbunan, bronjong dan beban lalu lintas tidak bisa menahan dan mengalami penurunan pada oprit jembatan tersebut. Maka pada tugas akhir ini dilakukan perbaikan pada tanah dasar tersebut dan mendesain dinding penahan tanah yang lebih cocok untuk keadaan tanah tersebut

Metode perbaikan tanah dasar yang digunakan adalah dengan metode timbunan bertahap (Preloading) dikombinasikan dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang berfungsi sebagai mengeluarkan air dan udara pada tanah tersebut sehingga mengalami derajat konsolidasi 90%. Dan untuk dinding penahan terhadap sisi timbunan digunakan turap dengan tipe free standing yang dimana cocok untuk lokasi timbunan yang berada di sungai. Setelah itu dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada proyek perbaikan tanah tersebut

Dari hasil perhitungan yang didapat, timbunan bertahap (Preloading) dilakukan 0,2 m/minggu dan tinggi timbunan kritis (Hcr) yang didapat pada tinggi timbunan akhir rencana (HR) 3,14 m didapatkan angka kemanan (SF) sebesar 1,148 sehingga timbunan bertahap yang dilakukan aman sampai tinggi timbunan akhir rencana (HR) dan tidak diperlukan perkuatan tanah. Prefabricated Vertical Drain (PVD) digunakan spesifikasi dari produk PT. Teknindo Sistem Unggul dipasang saat sebelum dilakukan penimbunan yaitu pada tanah dasar, perencanaan Prefabricated Vertical Drain (PVD) menggunakan pola pemasangan segitiga dengan jarak antara PVD 1,25 m, kedalaman 28 m dan waktu yang diperlukan adalah 21 minggu. Perencanaan struktur penahan tanah yang digunakan adalah tipe turap kantilever, didapatkan panjang total turap yaitu 20,938 m pada STA 0+275 di sisi kiri dan kanan oprit jembatan. Rencana anggaran biaya pada proyek perbaikan tanah dasar ini adalah sebesar Rp. 28.084.247.207

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI