DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN BENTUK DASAR GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION, MAKE A MATCH, DAN EXAMPLE NON EXAMPLE, METODE BERMAIN DAN TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK DAMAI BANJARMASIN
PENGARANG:NIA AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-28


ABSTRAK

Aisyah, Nia. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengklasifikasikan Benda Dengan menggunakan Model Pembelajaran Direct Intraction, Make A Match dan Example Non Example juga Metode Bermain dan Tanya Jawab Kelompok A Di TK PKK Damai Banjarmasin”. Tesis Program Pendidikan Anak Usia Dini. Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Wahyu, Ms dan Dr. Darmiyati S.Pd M.Pd.

 

Kata Kunci : Kognitif, Mengklasifikasikan Benda, Direct Intraction, Make A Match, Example Non Example Dan Metode Bermain Dan Tanya Jawab.

`           Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda dikarenakan kurangnya stimulasi pembelajaran yang diberikan guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak rendah dalam pengembangan kognitif dan anak kurang dalam mengklasifikasikan benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian belajar anak dalam kegiatan mengklasifikasikan benda.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang Tiga Kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK PKK Damai Banjarmasin yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara pengumpulan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥62 dengan kategori “Sangat aktif”, aktivitas anak mencapai ≥80 kategori “Sangat aktif” dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang «««(Berkembang sesuai harapan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Direct Intraction, Make A Match, Example Non Example dan Metode bermain dan Tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 12 meningkat menjadi skor 21 pada pertemuan ke Tiga dengan kriteria “Sangat baik”. Aktivitas anak memperoleh nilai 71% berkembang pada pertemuan ke Tiga memperoleh 80% dengan kriteria “Sangat baik”. Pada hasil capaian perkembangan kognitif anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 8 anak memperoleh bintang ««« (Berkembang Sesuai Harapan) dan 6 anak memperoleh bintang ««««(berkembang Sangat Baik) dengan presentase 89,90%.

Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model Direct Intraction, Make A Match, Example Non Example dan Metode Bermain dan Tanya jawab pada kegiatan mengklasifikasikan benda di kelompok A TK PKK Damai.

Dengan ini diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI