DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENCOCOKKAN BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MELALUI KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN BENDA-BENDA SEKITAR ANAK KELOMPOK B TK ANAK BANGSA KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SEROJA MURNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-28


Murni, Seroja. 2019. Pengembangan Aspek Kognitif Anak dalam Mencocokan Bilangan dengan Lambang Bilangan Melalui Kombinasi Model Picture and Picture, Make a Match Menggunakan Benda-benda Sekitar Anak, Kelompok B TK Anak Bangsa Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Tesis. Program Magister PG PAUD. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D dan Pembimbing (2) Dr. Ririanti Rachmayanie, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aspek kognitif, model Picture and Picture, Make a Match

 

Penelitian ini berlatar belakang  rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mencocockkan bilangan dengan lambang bilangan. Disebabkan oleh kurangnya ketertarikan anak pada materi pembelajaran, anak lambat dalam memahami pembelajaran, anak yang selalu minta bantu jika masalah ini dibiarkan maka dampaknya akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. sehingga anak mengalami kesulitan dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan melalui kombinasi model Picture and Picture, Make a Match menggunakan benda-benda sekitar. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil pengembangan kognitif anak.

Penelitian ini dilakuan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.. Subjek penelitian anak-anak Kelompok B TK Anak Bangsa Marabahan Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 18 anak, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas anak dan lembar hasil peningkatan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan  4 siklus terdiri dari 1 pertemuan dalam setiap siklusnya  dengan menggunakan kurikulum PAUD 2013.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  aktivitas guru siklus  I memperoleh skor 22 dengan kriteria cukup baik, siklus II memperoleh skor 28 dengan kriteria  baik, Siklus II skor 33 dengan krieteria Baik, dan siklus IV skor 41 dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas anak, siklus 1  memperoleh presentase 50% krieria cukup aktif,  pada siklus II memperoleh presentase 64,93% kriteria aktif. Pada siklus III skor 76,04% kriteria Aktif,  siklus IV skor 82,63% kriteria sangat aktif.  (3) hasil peningkatan aspek kognitif anak, siklus I  memperoleh presentase 49,53% kriteria  mulai berkembang, sedangkan pada siklus II 67,12% kriteria berkembang Sesuai harapan, siklus III skor 83,64% kriteria Berkembang Sangat baik, dan siklus IV skor 91,67% kriteria Berkembang Sangat Baik.

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru yang kesulitan dalam memilih model pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak, dapat menggunakan kombinasi model Picture and Picture dan Make a Match menggunakan benda-benda sekitar sebagai upaya untuk memotivasi aktivitas anak dalam belajar.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI