DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN ORANGTUA SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH (STUDI KASUS DI MDIM 1-2 SEI. KINDAUNG BANJARMASIN DAN SD MUHAMMADIYAH 9 BANJARMASIN)
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-29


Peneltian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti tentang faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan orangtua siswa dalam memilih sekolah dari dua sekolah yang berbeda, salah satu sekolah adalah madrasyah diniyah yang telah lama berdiri sedangkan sekolah yang lainnya adalah sekolah dasar swasta. Kedua sekolah merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Disdakmen Muhammadiyah kota Banjarmasin yang memiliki jumlah murid dan peserta PPDB yang selalu meingkat di setiap tahunnya. Fokus penelitian ini ditujukan untuk mengetahui (1) faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan orangtua siswa dalam memilih sekolah. (2) faktor-faktor apa saja yang paling mempengaruhi dan yang tidak mempengaruhi pertimbangan orangtua siswa dalam memilih sekolah.

         Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam sesuai kondisi lingkungan. Adapun untuk sumber dari penelitian ini adalah (1) orangtua siswa (2) kepala sekolah (3) pengawas sekolah (4) ketua yayasan dan (5) ketua Dikdasmen kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Analisis data situs tunggal dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan proses analisis data lintas situs menurut Bogdan dan Biklen yaitu (a) merumuskan proposisi berdasarkan temuan situs pertama dan kemudian dilanjutkan situs kedua. (b) membandingkan dan memadukan temuan teoritik sementara dari kedua situs penelitian. (c) merumuskan simpulan teoritik berdasarkan analisis lintas situs, temuan penelitian lintas situs, menyusun proposisi lintas situs dan temuan akhir dari kedua situs penelitian. Untuk keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber data dan metode

          Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : terdapat sejumlah faktor bauran yang sangat mempengaruhi orangtua dalam memilih sekolah, yaitu produk, proses dan SDM. Serta ada faktor yang tidak mempengaruhi yaitu promosi dan sarana. Suatu sekolah yang banyak dipilih ialah sekolah yang memang bisa menjawab dan mengakomodir kebutuhan orangtua siswa dan siswa itu sendiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI