DIGITAL LIBRARY



JUDUL:“Hubungan Penerapan Beneish Ratio Index Dalam Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan (Financial Statement Fraud)” (Studi empiris pada perusahaan batubara yang listing di bursa efek Indoensia tahun 2017 dan 2018).
PENGARANG:FADEL MUHAMMAD REINALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-29


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Perusahaan yang tergolong sebagai manipulators pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) Perusahaan yang tergolong sebagai non-manipulators pada pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 3) Perusahaan yang tergolong sebagai grey company pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Per 31 Desember 2018 dan sampel dalam penelitian ini adalah 20 perusahaan pertambangan batubara yang listing di bursa efek indonesia tahun 2017-2018. Teknik penentuan sampel menggunakan non probability-purposive judgement sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Metode analisis data dengan deskriptif kuantitatif menggunakan rasio yang dikemukakan oleh Messod D.Beneish. Terdapat 5 variabel pengukuran yaitu Days’ Sales In Receivables Index (DSRI), Gross Margin Index (GMI), Asset Quality Index (AQI), Sales Growth Index (SGI), dan Total Accrual To Total Assets Index (TATA).

 

Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Terdapat 1 perusahaan di tahun 2017 dan 1 perusahaan di tahun 2018 perusahaan yang tergolong sebagai manipulators menurut Beneish M-Score Model; 2) Terdapat 17 perusahaan di tahun 2017 dan 18 perusahaan di tahun 2018 yang tergolong sebagai non-manipulators menurut Beneish M- Score Model; 3) Terdapat 2 perusahaan di tahun 2017 dan 1 perusahaan di tahun 2018 yang tergolong sebagai grey company.

 

 

 

Kata Kunci : Beneish M-Score Model, Pendeteksian Kecurangan, Manipulators, Non Manipulators dan Grey Company.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI