DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAPORAN PENELITIAN SKRIPSI SISTEM INFORMASI PERIKANAN TANGKAP BERBASIS DESKTOP (STUDI KASUS DI KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN)
PENGARANG:BAHRIANNOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-29


Bahriannor (G1C115202) Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Sistem Informasi Perikanan Tangkap Berbasis Desktop (Studi Kasus di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan) di bawah bimbingan Ir. Iriansyah, M.Si sebagai ketua tim pembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi., M.Si. sebagai anggota pembimbing. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaku sistem perikanan tangkap, mengidentifikasi kebutuhan pelaku sistem perikanan tangkap, menganalisis sistem perikanan tangkap, merancang sistem perikanan tangkap, implementasi sistem perikanan tangkap dan memvalidasi sistem perikanan tangkap di Kabupaten Kotabaru. Metode pengumpulan data ini merupakan data berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan adalah metode pengembangan sistem informasi ini terdiri dari enam tahap, yaitu (1) tahap perencanaan sistem informasi, (2) Identifikasi pelaku sistem, (3) tahap analisis sistem informasi, (4) tahap perancangan sistem informasi, (5) tahap implementasi sistem informasi dan (6) tahap validasi sistem informasi. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan terhitung dari bulan Januari – April, bertempat di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian  pelaku sistem yang terlibat dalam sistem adalah nelayan, instansi perikanan, pengusaha perikanan, dosen, dan mahasiswa. Perancangan sistem terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan sistem dengan diagram konteks dan activity diagram, relasi tabel dan desain arsitektural, sistem pendataan perikanan tangkap terdiri dari 5 menu antara lain menu dashboard, data master, transaksi, grafik dan keluar. Sistem informasi yang dihasilkan diberi nama Sistem Informasi Perikanan Tangkap (SIPT). Aplikasi SIPT telah melalui dua tahap pengujian. Pengujian tahap pertama adalah untuk menguji benar tidaknya coding dan logika alur sistem informasi. Pengujian tahap kedua adalah dengan melakukan pengecekan sample data dan dilakukan penelusuran kesesuaian dengan keluaran data yang dihasilkan.

Kata Kunci : Sistem informasi, perikanan tangkap, berbasis desktop, studi kasus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI