DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGELOLAAN HUTAN OLEH MASYARAKAT DAYAK SIANG DI DESA MUWUN KECAMATAN TANAH SIANG KABUPATEN MURUNG RAYA KALIMATAN TENGAH
PENGARANG:KRISTIAN HADINATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-29


 

ABSTRAK

 

KRISTIAN HADINATA, 2019. Analisis Pengelolaan Hutan oleh Masyarakat Dayak Siang Di Desa Muwun Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya Kalimatan Tengah. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Hafizianor, S.Hut, M.P. dan (2)  Dr. Ir. Daniel Itta, M.S.

 

 

 

Kata Kunci:Performansi, Agroforestri, Hutan.

 

 

 

Kabupaten Murung Raya berada di tengah Pulau Kalimantan membuat kabupaten terluas di Kalimantan Tengah ini menjadi cukup terisolasi. Pusat-pusat populasi penduduknya terpisah-pisah oleh perbukitan dan pegunungan. Sumberdaya alamnya melimpah dan belum semua dimanfaatkan, termasuk batubara dan emas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekologis, menganalisis sistem pengelolaan dan menentukan performansi pengelolaan Hutan oleh Masyarakat Dayak Siang di Desa Muwun Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya Kalimatan Tengah. Metode yang digunakan adalah interpretasi citra satelit, teknik sampling, wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis performansi. Nilai performansi  Kawasan Hutan di Desa Muwun Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah  jika dilihat dari segi luasan tergolong kurang baik karena seluas 57 ha hutan alam memiliki tingkat performansi senilai 172 dengan katagori kurang baik, kemudian pada kebun karet dan kebun campuran dengan luas 217 ha dengan nilai performansi sebesar 315 sangat baik dengan katagori sangat baik. Hal ini dapat dikatakan pengelolaan hutan di kawasan Hutan  di Desa Muwun Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya Kalimatan Tengah  kurang berhasil karena terlihat tampak sekitar 80% berupa hutan secara ekologis bernilai sangat tinggi pada lahan pertanian karet dan dari HHBK, hutan alam memiliki nilai performansi yang kurang baik karena tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga dan mengelola hutam alam masih minim. Hal ini terjadi karena mereka telah mendapat izin hak untuk pengelolaan hutan oleh Pemerintah Daerah Murung Raya dengan alasan masyarakat setempat menganggap hutan sebagai sumber mata pencaharian untuk bertahap hidup.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI