DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POTENSI PENGEMBANGAN WISATA KAMPUNG HIJAU DI JALAN KERAMAT KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ANDRI YULI PUTRANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-30


Andri Yuli Putranti, 2019. Potensi Pengembangan Wisata Kampung Hijau Di   Jalan Keramat Kota Banjarmasin. Tesis Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fkip Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahyu, MS, Pembimbing (II) Dr. M. Zaainal Arifin Anis, M.Hum.

 

Kata Kunci               : Wisata, Daya Tarik, Pengembangan, Starategi

 

 

Kampung hijau merupakan kawasan wisata baru bagi masyarakat kota Banjarmasin, tidak seperti wisata lainya yang sudah terkenal lebih dulu. Jika diamati secara seksama, letak wisata kampung hijau masih berada ditengah-tengah kota banjarmasin. Keunikan dari wisata kampung hijau ini ialah kawasanya berada di pinggiran sungai. Awalnya wisata tersebut hanyalah jalur yang menghubungkan antara rumah warga yang satu dengan lainya. Akses transportasi menuju wisata Kampung Hijau bisa melalui jalur darat dan jalur sungai. Kehidupan masyarakat di sekitar kampung hijau menjadi simbol bagi masyarakat Banjar khususnya, karena tempat tinggalnya berada di pinggir sungai, seluruh aktivitas tidak terlepas dari sungai, mulai dari mandi, mencuci, memasak dan lainya. Penelitian ini bertujuan: (I) Untuk mengetahui potensi pengembangan wisata kampung hijau, (2) strategi pengembangan potensi wisata kampung hijau sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display, dan verification.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (I) Potensi pengembangan kampung hijau yaitu pembangunan kampung hijau dilakukan oleh pihak pemerintah sepenuhnya dengan tujuan merubah pinggiran sungai yang awalnya berkesan kumuh menjadi indah, (2) Strategi pengembangan potensi wisata kampung yaitu dilakukan oleh pihak masyarakat dan pemerintah dengan cara mempromosikan lewat media sosial dan mengadakan acara seperti lomba di kampung hijau tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi masyarakat (I) Bagi masyarakat diharapkan lebih giat lagi mempromosikan dan masyarakat juga lebih merawat dan menjaga kebersihan kampung hijau agar tetap terlihat indah dan bagi pemerintah kota banjarmasin agar dapat melakukan pembaruan dan melihat wisata dari luar agar dapat mengikuti perkembangan dunia wisata (2) Strategi Pengembangan Kampung Hijau bagi masyarakat diharapkan ikut berperan serta dengan pemerintah mempromosikan kampung hijau agar lebih efektif dan bagi pemerintah diharapkan mengembangkan promosi kampung hijau tidak hanya untuk masyarakat kota Banjarmasin tetapi juga memperkenalkan kepada masyarakat luar kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI