DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Daya Dukung Lingkungan untuk Mendukung Kegiatan Di Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong yang Berbasis Lingkungan
PENGARANG:EKA BUDI SUPRAYITNO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-30


 

ABSTRAK

 

Eka Budi Suprayitno, 2019. Analisis Daya Dukung Lingkungan untuk Mendukung Kegiatan Di Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong yang Berbasis Lingkungan. Tesis, Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Dibimbing oleh: (1) ProfDrIr. H. Syarifuddin Kadir, M.Si. dan (2) DrIr. H. Ahmad Jauhari, M.P.

 

 

 

Kata Kunci:  Analisis, Daya Dukung, Kesatuan Pengelolaan Hutan.

 

 

Penentuan daya dukung lingkungan dengan metode yang ada saat ini masih terlalu umum bagi Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong sebagai unit pelaksana teknis. Penenlitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dukung lingkungan, menganalisis zona sempadan sungai sebagai daerah yang memiliki nilai konservasi tinggi, dan menentukan arahan pola pengelolaan areal Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong yang sesuai berdasarkan data hasil analisis daya dukung lingkungan dan sempadan sungai. Metode yang digunakan adalah tumpang susun dan pembobotan terhadap data primer maupun data sekunder.  Daya dukung lingkungan di Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong terbagi dalam 5 kategori yaitu sangat rendah seluas 4.011,83 ha (5,53%), rendah seluas 32.200,03 ha (44,36%), sedang seluas 16.617,82 ha (22,90%), tinggi seluas 7.524,81 ha (16,85%), dan sangat tinggi seluas 7,524.81 ha (10,37%).  Sempadan sungai yang ada di dalam wilayah tertentu pada Kesatuan Pengelolaan Hutan Tabalong seluas 4.663,16 ha (6,43%) dari luas keseluruhan.  Pada daerah sempadan sungai, daya dukung dengan klasifikasi rendah yaitu seluas 1.862,71 ha (2,57%), dengan luasan terkecil adalah klasifikasi sangat tinggi yaitu seluas 469,38 ha (0,65%).  Arahan pola pengelolaan Kesatuan Pengelolaan Hutan pada blok dan petak berdasarkan daya dukung lingkungan  untuk tiap kriteria dibagi menjadi: untuk areal di luar sempadan dan pada sempadan sungai untuk kriteria sangat rendah dan rendah berupa pemulihan dan peningkatan daya dukung untuk daerah yang tinggi yaitu melindungi dan membatasi pemanfaatannya. Arahan pengelolaan pada daerah sempadan sungai yang mempunyai daya dukung lingkungan kategori rendah dan sangat rendah yaitu melindungi dan memulihkan, sedangkan untuk kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu melindungi dan mempertahankan daya dukung lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI