DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Membilang dan Menyebut Lambang Bilangan Menggunakan Model Make A Match dan Talking Stick dengan Metode Bercakap-Cakap Kelompok A TK Tunas Mekar Banjarmasin
PENGARANG:WARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-06-30


ABSTRAK

 

Warni. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Membilang dan Menyebut Lambang Bilangan Menggunakan Model Make A Match dan Talking Stick dengan Metode Bercakap-Cakap Kelompok A  TK Tunas Mekar Banjarmasin. Pembimbing: M. Dani Wahyudi, S.Pd.I. M.Pd.

 

 

Kata kunci :Kemampuan Kognitif Anak, Membilang, Menyebut Lambang Bilangan, Make A Match, Talking Stick, Metode Bercakap-Cakap

 

Permasalahan yang terjadi adalah anak yang kurang mampu memahami dengan baik tentang masalah lambang bilangan terutama dalam menyebutkan dan membilang lambang bilangan. Mereka tidak mampu dan bingung dalam belajar sehingga dapat membuat mereka tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru saat belajar.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai perkembangan kemampuan Kognitif Anak Dalam Membilang Dan Menyebut Lambang Bilangan Menggunakan Model Make A Match Dan Talking Stick Dengan Metode Bercakap-Cakap Kelompok A  TK Tunas Mekar Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Tunas Mekar yang berjumlah 14 orang anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas anak dalam pembelajaran.

Hasil penelitian  skor guru  Siklus 2  pertemuan II mencapai skor 42 termasuk dalam kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menerapkan langkah menggunakan model make a match dan talking stick dengan metode bercakap-cakapkelompok A di TK. Tunas Mekar Banjarmasin.Hasil persentasi keseluruhan dari aktvitias anak dalam belajar pada Siklus 2 pertemuan I mencapai persentasi 79% termasuk kategori aktif, dan pertemuan II mencapai persentasi 96% termasuk sangat.  Hasil perkembangan kognitif anak 4 bintang artinya perkembangan kognitif anak “Berkembang Sangat Aktif”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make A Match dan Talking Stick dengan metode bercakap-cakap dapat memberikan peningkatan kepada anak dalam belajar membilang dan menyebut lambang bilangan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI