DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN WISATA PASAR TERAPUNG MUARA KUIN DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD RIKY HIDAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-03


 

Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi yang dipilih dan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin menggunakan analisis SWOT, yaitu: (1) kekuatan (strength) berupa pembinaan; tersedianya dermaga baru; promosi wisata pasar terapung muara kuin; dan memberikan fasilitas kepada pedagang pasar terapung muara kuin; (2) kelemahan (weakness) berupa kurangnya inovasi untuk menarik wisatawan; kurangnya pengelolaan dari dinas Kebudayaan dan Pariwisata; fasilitas yang kurang terawat; serta area sekitar wisata yang masih kumuh; (3) peluang (opportunities) yang terdiri dari Antusias wisatawan yang tinggi; mempromosikan wisata pasar terapung muara kuin di setiap acara event-event/pameran; menggencarkan promosi wisata pasar terapung muara kuin di media sosial; dan mengadakan acara festival pasar terapung muara kuin; (4) ancaman (threat) berupa Kurangnya regenarasi pedagang pasar terapung muara kuin; kurangnya perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; adanya wisata pasar terapung buatan siring tendean yang semakin maju; serta pasar di darat yang sudah berkembang. Adapun hasil pembobotan menggunakan diagram analisis SWOT strategi pengembangan wisata pasar terapung muara kuin berada pada kuadran I yang artinya strategi yang dapat digunakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan wisata pasar terapung muara kuin di Kota Banjarmasin adalah dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Untuk kendala yang dihadapi yaitu terkait masalah kesadaran masyarakat yang kurang terhadap lingkungan wisata, Masyarakat cenderung memilih pasar di darat ketimbang dengan pasar terapung muara kuin, dan Regenarasi dari pedagang pasar terapung muara kuin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI