DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 1 MATARAMAN
PENGARANG:ANGGI DWIARIANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-06


Pendidikan memegang peranan penting dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengambangkan kualitas sumberdaya manusia. Pendidikan yang berhasil dilihat melalui hasil belajar yang memuaskan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, baik dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. ?

?Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada objek motivasi belajar geografi siswa di SMA Negeri 1 Mataraman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X, XI dan XII Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMA Negeri 1 Mataraman. Penentuan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel sebanyak 176 siswa.Metode pengambilan data yaitu pengamatan langsung, kuesioner dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument digunakan untuk uji validitas, reabilitas, deskriptif persentase, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisiensi determinasi regresi. 

?Hasil penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Mataraman yang terdiri dari unsur instrinsik yaitu: minat, cita-cita, kebutuhan, danpenghargaan. Serta unsur ekstrinsik yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai akhir (rapor)Besarnya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar Geografi siswa di SMA Negeri 1 Mataraman, sebesar 44,3% sedangkan 55,7% sisanyadipengaruhi oleh variabel lain. Faktor-faktor tersebut tidak diteliti oleh peneliti karena keterbatasan waktu, kemampuan dan dana, sehingga peneliti memberikan kesempatan kepada peneliti-peneliti lain untukmenelitinya.

Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Geografi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI