DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN WAKTU REAKSI SISWA SMPN 26 BANJARMASIN YANG MENDENGARKAN DENGAN YANG TIDAK MENDENGARKAN MUSIK KLASIK
PENGARANG:Alesandro Parluhutan Tonggiro
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-31


Proses belajar dan mengingat sesuatu memerlukan konsentrasi yang baik. Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian atau menjaga pikiran terhadap suatu hal untuk memperoleh penguasaan dalam pembelajaran. Pemberian musik klasik dapat memengaruhi konsentrasi dan waktu reaksi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan waktu reaksi siswa SMPN 26 Banjarmasin yang mendengarkan dengan yang tidak mendengarkan musik klasik. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan pretest-posttest design. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dikelompokkan menjadi kelompok kontrol dan mendengarkan musik klasik dengan besar sampel sebanyak 15 orang untuk masing-masing kelompok. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 26 Banjarmasin. Penelitian ini mengukur waktu reaksi menggunakan program Kosinki’s time reaction software jenis symbol recognition. Pengukuran waktu reaksi dilakukan sebelum dan sesudah sampel diberi perlakuan. Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan tidak terdapat perbedaan waktu reaksi bermakna antara hasil pretest dan hasil posttest kedua kelompok perlakuan dengan nilai pretest P = 0.131 dan nilai posttest P = 0.228.
Kata kunci: musik klasik, waktu reaksi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI