DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 KUALA KAPUAS | |
PENGARANG | : | Dita Aprillia | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-07 |
ABSTRAK
Aprillia, Dita. 2018. Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 3 Kuala Kapuas. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sabhan, M.Pd.; (II) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.
Kata kunci : tindak tutur direktif, pembelajaram,bahasa Indonesia
Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur direktif yang dituturkan oleh guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tuturan direktif guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di kelas XI di SMA Negeri 3 Kuala Kapuas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan ialah metode simak atau pengamatan, metode rekam, dan metode catat. Analisis data menggunakan motode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bentuk dan fungsi bertanya lebih banyak digunakan jika dibandingkan dengan penggunaan bentuk dan fungsi bertanyan lebih dominan dipakai. Bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi bentuk permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, pemberian izin,dan nasihat. Fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi fungsi: meminta, memohon, berdoa, bertanya, menghendaki, dan menuntut, mengarahkan, mengatur, pertanyaan, menyetujui, memolehkan, dan menasihai.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI