DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Ketimpangan Pendapatan dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kalimantan Selatan
PENGARANG:YOLANDA MAHRITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-07


Yolanda Mahrita Sari (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Ketimpangan Pendapatan, Pengangguran terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan.

Pembimbing: Chairul Sa’roni, SE, M.Si.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menganalisis Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Ketimpangan Pendapatan, dan Pengangguran secara simultan terhadap tingkat kemiskinan dari tahun 2011 hingga 2017. (2) Menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi tingkat kemiskinan.

Penelitian ini menggunakan data panel sekunder dan bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang dihasilkan bersumber dari Badan Pusat Statistik dari antar Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2011 -2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda data panel dengan random effect model.

Hasil penelitian ini berdasarkan analisis regresi data panel menunjukkan seluruh variabel bebas secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Kata Kunci: Kemiskinan, regresi data panel, pertumbuhan penduduk, ketimpangan pendapatan, dan pengangguran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI