DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) BANDARMASIH DI KOTAMADYA BANJARMASIN
PENGARANG:DIDIK AGUNG MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-08


ABSTRAK

Didik Agung Maulana D1B115207 Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Di Kota Madya Banjarmasin. Dibawah bimbingan Abdurrahman selaku dosen pembimbing I dan Andi Tenri Sompa selaku dosen pembimbing II.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih dalam menjaga kualitas pelayanan air bersih di Banjarmasin dan untuk mengetahui kendala atau penghambat apa saja yang dihadapi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih dalam pengelolaan kualitas air bersih.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun fokus penelitian ialah mengetahui  Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Di Kota Madya Banjarmasin yang menggunakan teori Kualitas Pelayanan oleh Philip Kotler, terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih di Kota Madya Banjarmasin dapat disimpulkan bahwa belum berjalan dengan baik. Bukti langsung atau berwujud, bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh PDAM Bandarmasih sudah sangat baik dan memadai, serta memberikan keyamanan bagi pelangan atau masyarakat. Kehandalan, bahwa pegawai PDAM Bandarmasih sudah menguasai tugas dan fungsinya masing-masing serta menguasai alat-alat yang ada dikantor, namun masyarakat kecewa ketika terjadi kendala kerusakan dilapangan dengan penyelesaian yang lamban. Daya tangap, bahwa pegawai PDAM Bandarmasih sudah tanggap dalam memberikan pelayanan. Jaminan, bahwa pelayanan yang diberikan oleh pegawai PDAM Bandarmasih kurang maksimal dirasakan oleh pelanggan pada saat terjadi kerusakan. Empati, bahwa pelayanan yang diberikan dapat dikatakan baik karena pegawai selalu memberikan hubungan yangbaik kepada pelanggan.

Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini ialah kepada Pemerintah dan PDAM Bandarmasih agar lebih meningkatkan suatu pelayanan kepada masyarakat atau pelanggan terutama ketita terjadi kendala atau kerusakan dilapangan. Serta masyarakat berperan aktif dalam memberikan masukan-masukan berupa komplai agar pelayanan dapat sesuai dengan harapan masyarakat atau pelanggan.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, PDAM BAndarmasih

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI