DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODAL INTELEKTUAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR (Studi Pada 50 Perusahaan Manufaktur Terbesar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)
PENGARANG:NAZLA RAISALENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-08


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan agar peneliti dapat mengkaji (1) pengaruh kinerja modal intelektual, ukuran perusahaan, dan komposisi struktur modal dalam menggerakkan kinerja keuangan dan nilai perusahaan di kalangan para penanam modal secara langsung, (2) Pengaruh kinerja modal intelektual, ukuran perusahaan, dan komposisi struktur modal terhadap nilai perusahaan di mata para investor secara tidak langsung yang diperantarai oleh kinerja keuangan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BEI dan situs web perusahaan. Populasi dalam riset ini adalah semua perusahaan manufaktur non migas di BEI yang berjumlah 177 perusahaan pada periode 2014 - 2018. Sampel yang digunakan berjumlah 50 perusahaan manufaktur non migas terbesar di BEI yang diambil berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis dalam pengujian hipotesis yang diajukan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan SmartPLS 3.0.

Hasil penelitian terhadap hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa 1) hanya variabel modal intelektual yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan, sedangkan ukuran perusahaan dan struktur modal tidak memiliki pengaruh, (2) kinerja keuangan, modal intelektual dan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara langsung, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh, (3) hanya pengaruh tidak langsung modal intelektual terhadap nilai perasahaan yang dapat diperantarai oleh kinerja keuangan, sedangkan kinerja keuangan tidak mampu menjadi mediator antara hubungan ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Modal Intelektual, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI