DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS, AKADEMIK, PRESTASI, MUTU, DAN PARTISIPASI GURU DALAM KELOMPOK KERJA GURU TK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TK DI KECAMATAN KAPUAS KUALA KABUPATEN KAPUAS
PENGARANG:ISNIWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-09


Kegiatan pembelajaran akan terlaksana dengan hasil yang maksimal jika pembelajaran tersebut dikelola oleh guru yang memiliki kompetensi profesional. Pembinaan profesi guru diduga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. supervisi akademik prestasi mutu yang dilakukan oleh pengawas merupakan layanan bagi guru berupa bimbingan agar guru lebih profesional dalam melaksanakan pembelajaran. Selain supervisi partisipasi dalam KKG juga berperan membentuk profesionalisme guru . Dengan berpartisipasi secara aktif dalam KKG maka guru memiliki kesempatan untuk saling bertukar informasi sekaligus memecahkan permasalahan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah guru TK dikecamatan kapuas kuala kabupaten kapuas 66 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 57 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan angket analisis menggunakan statistik regresi regresi ganda pada taraf 95%.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh supervisi akademik prestasi mutu terhadap kompetensi profesional guru (p=0,00). Ada partisipasi guru dalam KKG terhadap peningkatan kompetensi profesional guru (p=0,000). Secara bersama-sama supervisi akademik prestasi mutu dan. Partisipasi guru dalam KKG berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru (p=0,000).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : ada pengaruh supervisi akademik prestasi mutu dan partisipasi guru dalam KKG terhadap kompetensi profesional guru. Saranya adalah (1) Bagi guru, perlu mengembangkan pola pikir positif tentang mamfaat supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. (2) Guru juga  perlu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan KKG sebagai wahana mengembangkan kompetensi profesionalnya. (3)  Bagi kepala sekolah, jendaknya dapat lebih dekat dengan guru dan memberikan informasi bahwa supervisi akademik yang.dilakukan bukan semata-mata sebuah penilaian, namun lebih pada upaya diskusi bersama dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI