DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Cash Flow Dengan Variasi Sistem Pembayaran Terhadap Keuntungan Kontraktor (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Pemulasaraan Jenazah RSUD Ulin Banjarmasin)
PENGARANG:RADILLA REGITA CAHYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-09


ABSTRAK

Pengaruh perencanaan terhadap proyekkonstruksi akan berdampak pada pendapatandalam proyek itu sendiri. Salah satunya adalahpenjadwalan (time schedule), yaitu kegiatan untukmenentukan waktu yang dibutuhkan dan urutankegiatan serta waktu penyelesaiannya. Biasanyarealisasi rencana kerja di lapangan seringmengalami keterlambatan dalam pengerjaannya,karena realisasi penerimaan sangat ditentukan olehcara pembayaran yang telah ditetapkan dalamkontrakkonstruksi. Aspek sistempembayaran sangat mempengaruhi modal kerja yang perlu disediakan olehkontraktor. Penentuan sistem pembayaranyang tepat dapat memberikan keuntungan maksimum bagi kontraktor. Oleh karenaitu peranan perencanaan arus kas (cash flow) sangatlah penting dalam pelaksanaanproyek. Arus uang yang masuk dan yang keluar harus selalu diupayakankeseimbangannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan cash flow optimum dengan variasi sistem pembayaranyang dapat memberikan keuntungan yang paling maksimal bagi kontraktor pada proyek Pembangunan Gedung Pemulasaraan Jenazah RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah penjadwalan proyekdengan membuat uraian dan urutan setiap kegiatan dalam aktivitas proyek,menentukan durasi waktu untuk setiap aktivitas, dan membuat diagram jaringanproyek dengan metode PDM. Kemudianmembuat analisis cash flow dengan sistem pembayaran bulanan dan terminprogress 10% pada kondisi penjadwalan EST dan LST.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa sistem pembayaran yangmemberikan keuntungan maksimum adalah sistem pembayaran sesuai kemajuanpekerjaan (Termin) dengan uang muka 15% pada kondisiLST (Latest Start Time) dengan total pinjaman sebesar Rp 111.100.000 yaitu kontraktormendapatkan keuntungan sebesar Rp 300.063.525 dengan persentase keuntungan sebesar 8,705%.

 

Kata kunci: Cash flow, PDM, Earliest Start Time, Latest Start Time

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI