DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:LINDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Lindawati. 2020. Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Numbered Head Together, dan Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Membaca Intensif, Ide Pokok Paragraf, Cooperative Integrated Reading and Composition, Numbered Head Together, Mind Mapping.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar pada keterampilan membaca intensif siswa untuk menemukan ide pokok paragraf tema indahnya keragaman di negeriku muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah aktivitas pembelajaran yang kurang membangun pengetahuan siswa secara mandiri, pembelajaran bersifat satu arah, dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Numbered Head Together, dan Mind Mapping. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pangeran 2 Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020, jumlah 27 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari skor 34 dengan kriteria “Baik” menjadi skor 52 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 44% menjadi 96% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 40% menjadi 96% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 48% menjadi 96% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 1 meningkat dari 44% menjadi 96% (klasikal). 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Numbered Head Together, dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, maka disarankan agar model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI