DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL SAMUDERA DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:UMMI HUSNUL FITRI NORHIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas hasil belajar siswa

materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan ada

muatan IPS tema Daerah Tempat Tinggalku pada kelas IV SDN Sungai Miai 4

Banjarmasin. Upaya yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah

dengan menggunakan model kombinasi SAMUDERA, Tujuan dari penelitian ini

adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil

belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang

dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV

semester genap SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020,

jumlah siswa sebanyak 29 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data

kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas

siswa dan hasil belajar diukur melalui observasi. Indikator keberhasilan penelitian

ini adalah aktivitas guru mencapai skor dengan kriteria sangat baik, aktivitas

siswa secara klasikal mencapai kriteria sangat aktif ≥82% dari jumlah seluruh

siswa dan hasil belajar siswa secara individual mencapai nilai ≥65 sesuai KKM

dan secara klasikal mencapai ≥80% dari seluruh siswa.

Hasil temuan ini adalah bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh

kriteri Baik dengan perolehan skor 24, pertemuan II memperoleh kriteria sangat

baik dengan perolehan skor 32, pertemuan III meperoleh kriteria sangat baik

dengan skor 35. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh kriteria kurang

Aktif, pada pertemuan II memperoleh kriteria Aktif, pertemuan III memperoleh

kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada pertemuan I

memperoleh presentase 60%, pertemuan II memperoleh presentase 80%,

pertemuan III memperoleh presentase 95%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model

SAMUDERA pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin meningkat

dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai

salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada

peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI