DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL SAMUDERA DI KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | UMMI HUSNUL FITRI NORHIDAYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-07-10 |
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas hasil belajar siswa
materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan ada
muatan IPS tema Daerah Tempat Tinggalku pada kelas IV SDN Sungai Miai 4
Banjarmasin. Upaya yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah
dengan menggunakan model kombinasi SAMUDERA, Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
semester genap SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020,
jumlah siswa sebanyak 29 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas
siswa dan hasil belajar diukur melalui observasi. Indikator keberhasilan penelitian
ini adalah aktivitas guru mencapai skor dengan kriteria sangat baik, aktivitas
siswa secara klasikal mencapai kriteria sangat aktif ≥82% dari jumlah seluruh
siswa dan hasil belajar siswa secara individual mencapai nilai ≥65 sesuai KKM
dan secara klasikal mencapai ≥80% dari seluruh siswa.
Hasil temuan ini adalah bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh
kriteri Baik dengan perolehan skor 24, pertemuan II memperoleh kriteria sangat
baik dengan perolehan skor 32, pertemuan III meperoleh kriteria sangat baik
dengan skor 35. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh kriteria kurang
Aktif, pada pertemuan II memperoleh kriteria Aktif, pertemuan III memperoleh
kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada pertemuan I
memperoleh presentase 60%, pertemuan II memperoleh presentase 80%,
pertemuan III memperoleh presentase 95%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model
SAMUDERA pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin meningkat
dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai
salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada
peningkatan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI