DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMANDU PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 11 BANJARMASIN
PENGARANG:LIFNA RIZKY ANDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Andina, Lifna Rizky. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Menggunakan Model PEMANDU pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 11 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, PEMANDU (Group Investigation, Mind Mapping, dan Word Square).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa, siswa kurang terbiasa membangun pengetahuannya sendiri, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan kurang bereksplorasi, serta rendahnya motivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 23-28 kriteria sangat baik, aktivitas siswa ≥82% kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 18 meningkat pada pertemuan 3 menjadi 25 dengan kriteria sangat baik. Disebabkan guru selalu melakukan refleksi setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh persentase 50% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 85% dengan kriteria sangat aktif. Dikarenakan siswa berpartisipasi langsung dalam pembelajaran secara maksimal. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 60% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 85%. Disebabkan meningkatnya kualitas guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. 

Dapat disimpulkan bahwa model PEMANDU dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini disarankan kepada guru dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan model pembelajaran, siswa dapat berpartisipasi aktif dan terbiasa berpikir kritis, kepala sekolah dapat memberikan bimbingan kepada guru dalam memilih model pembelajaran, dan peneliti selanjutnya dapat  menjadikan sebagai bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI