DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING DIKOMBINASIKAN DENGAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:TIA MARIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan oleh siswa cepat lupa dengan materi yang disampaikan, kurangnya pemahaman konsep pada materi, siswa kurang teliti, siswa tidak memperhatikan dan kurang tertarik pada pembelajaran matematika, serta siswa kurang termotivasi dan pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dikombinasikan dengan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dan Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Keberhasilan dalam penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator ketuntasan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 25 dengan kriteria baik meningkat pada pertemuan 2 menjadi 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 45% dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 2 menjadi 83% dengan kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 52% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dikombinasikan dengan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI