DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KEAKTIFAN DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MODEL MAMA-PAPA PADA KELOMPOK A TK SEMANGAT BUNDA
PENGARANG:PATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


Matematika dasar harus dikenalkan pada anak salah satunya adalah lambang bilangan. Hal tersebut membantu anak memiliki kesiapan memasuki SD dan mendukung kemampuan berpikir logis sistematis. Masalah penelitian yaitu pengetahuan lambang bilangan yang masih rendah. Salah satu upayanya adalah menggunakan model MAMA-PAPA (Make a MAtch kombinasi think PAir share dan media PApan flannel). Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, keaktifan belajar serta hasil perkembangan.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A TK Semangat Bunda sebanyak 18 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, keaktifan dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak secara klasikal mencapai persentase 89% dengan kategori sangat aktif. Keaktifan belajar mencapai persentase 100% kategori sangat tinggi. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari pertemuan I 22% menjadi 83% anak sudah berkembang pada pertemuan IV.  

Disimpulkan bahwa model MAMA-PAPA berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, keaktifan serta hasil perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan model MAMA-PAPA sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan kognitif lebih baik. 

 

 

 

Kata Kunci: Model Make a Match, Mengenal Lambang bilangan 1-10, Model Think Pair Share dan Media Papan Flannel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI