DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MITHITALK (Mind Mapping, Think Pair Share, dan Talking Stick) DI KELAS V SDN TELAGABIRU 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RUSDIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


ABSTRAK

Rusdiah. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar  Siswa Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mithitalk (Mind Mapping, Think Pair Share, dan Talking Stick) di Kelas V SDN Telagabiru 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kombinasi Model Pembelajaran Mithitalk (Mind Mapping, Think Pair Share, dan Talking Stick).

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Karena kurangnya pemahaman serta kurangnya antusias interaksi antar siswa dalam pembelajaran untuk memecahkan masalah mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Dimana KKM pelajaran IPS adalah ≥70. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Mithitalk (Mind Mapping, Think Pair Share, dan Talking Stick). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dan untuk menganalisis peningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa 23 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 48%, pertemuan II mencapai 61%, pertemuan III mencapai 73%, dan pertemuan IV mencapai 83%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mithitalk (Mind Mapping, Think Pair Share, dan Talking Stick) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis dapat diterima. Penelitian ini disarankan sebagai bahan pertimbangan guru dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI