DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Peserta Didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin
PENGARANG:RIZKI RAMADANA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-07-10


MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 2 BANJARMASIN (Oleh: Rizki Ramadana Putri; Pembimbing: Bambang Suharto, Muhammad Kusasi; 2020; 106 halaman)

 

 

ABSTRAK

 

Telah dilakukan penelitian guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar melalui model pembelajaran problem solving pada materi reaksi reduksi dan oksidasi peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) kemampuan pemecahan masalah dan (2) hasil belajar (a) pengetahuan, (b) sikap, dan (c) keterampilan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis, McTaggart, dan Nixon bersiklus. Subjek penelitian ini adalah 35 orang peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan pemecahan masalah meningkat sebesar 47,43%, dan (2) hasil belajar (a) meningkat sebesar 32,41%, (b) sikap meningkat sebesar 54,84%, dan (c) keterampilan meningkat sebesar 51,61%.

 

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI